Langsung ke konten utama

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Kelas VII

Modul ajar adalah materi pembelajaran pada kurikulum merdeka yang dirancang untuk membantu proses belajar mengajar siswa. Modul ajar berfungsi sebagai panduan bagi pendidik atau guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Berikut salah satu contoh modul ajar: Modul Ajar Bahasa Inggris Satuan Pendidikan: Sekolah Menengah Pertama Fase/kelas: Fase D Kelas 7 Tahun Pelajarn:2023-2024 Alokasi Waktu:  2JP (2×40 Menit) Peserta didik: Siswa Reguler Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Capaian Pembelajaran ( CP ) Pada akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosakata spesifik dan struktur kalimat sederhana yang berkaitan dengan deskripsi orang. Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks deskripsi orang dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat. Tujuan Pe...

Modul Ajar Bahasa Inggris Fase D Kelas VII


Modul ajar adalah materi pembelajaran pada kurikulum merdeka yang dirancang untuk membantu proses belajar mengajar siswa. Modul ajar berfungsi sebagai panduan bagi pendidik atau guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Berikut salah satu contoh modul ajar:

Modul Ajar Bahasa Inggris

Satuan Pendidikan: Sekolah Menengah Pertama

Fase/kelas: Fase D Kelas 7

Tahun Pelajarn:2023-2024

Alokasi Waktu: 2JP (2×40 Menit)

Peserta didik: Siswa Reguler


Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran

Capaian Pembelajaran ( CP )
Pada akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosakata spesifik dan struktur kalimat sederhana yang berkaitan dengan deskripsi orang. Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks deskripsi orang dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat.

Tujuan Pembelajaran ( TP )
  1. Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai jenis hobi.
  2. Peserta didik dapat mendata kosa kata yang sesuai untuk menuliskan tentang hobinya.
  3. Peserta didik dapat menjawab atau menyusun sebuah teks deskriptif sederhana untuk menggambarkan seseorang dalam melakukan hobinya.
  4. Peserta didik dapat menuliskan dan mempresentasikan hobi temannya di dalam elompok kecil.
  5. Peserta didik dapat mempresentasikan hobi temannya di depan kelas.

Kriteria Keterampilan Tujuan Pembelajaran ( KKTP )

Kompetensi yang dinilai
Kompetensi sikap: Menunujukkan sikap bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menghargai, bergotong royong.
Kompetensi pengetahuan: memahami penggunaan kosa kata mengenai hobby dan deskripsi tentang kegiatannya.
Kompetensi keterampilan: kemampuan kerja dalam kelompok serta kemampuan menyampaikan gagasan dengan lugas dan percaya diri.

Bagaimana menilai keterampilan TP
  1. Penilaian sikap dilakukan dengan Teknik observasi/mengamati sikap peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
  2. Penilaian pengetahuan melalui produk tertulis.
  3. Penilaian keterampilan melalui inerja di dalam kegiatan kelompok
  4. Penilaian mencakup asesmen individu dan asesmen kelompok.

Profil Pelajar Pancasila
  1. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
  2. Mandiri
  3. Kreatif
  4. Bernalar kritis

Model dan Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran
Genre Based-Approach

Metode Pembelajaran
Roleplay

Asesmen

Cara Penilaian
Rubrik Assesmen Individu (terlampir)

Jenis Assesmen
  1. Diagnostik Kognitif : dilakukan sebelum membahas materi pembelajaran
  2. Formatif : dalam bentuk tertulis (deskriptif teks)

Materi Ajar, Alat dan Bahan

Materi Ajar
Vocabulary mengenai Hobby

Alat dan Bahan
  1. LCD
  2. Laptop
  3. Jaringan Internet
  4. LKPD
  5. Post card

Pemahaman Bermakna
Siswa dapat mengenal berbagai macam hobby dan mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat


Pertanyaan Pemantik
  1. What do you do in your spare time?
  2. What do you do for healing from everyday activities?
  3. What do you call an activity that you like to do it in your free time?
  4. Do you do it often? How often?
  5. What do you need to do it?

Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan ( 20 menit )
  • Guru memberikan instruksi kepada ketua kelas untuk menyiapkan kelas.
  • Guru membuka kelas dengan mengecek kehadiran dan mengecek kesiapan peserta didik dengan melakukan ice breaking.
  • Guru memberikan motivasi kepada peserta didik agar tetap bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
  • Guru mempersiapkan peralatan yang akan digunakan selama proses pembelajaran berlangsung.
  • Guru memberikan post card kepada siswa untuk diisi di sebelum membagi kelompoknya.
  • Guru membagi peserta didik ke dalam 7 kelompok.

Kegiatan Inti ( 40 menit )
JCOT ( Joint Construction of Text )

Persiapan :
  • Pilih beberapa hobi yang berbeda.
  • Bagi siswa menjadi beberapa kelompok.
  • Berikan setiap kelompok hobi yang berbeda untuk diteliti.

Cara Bermain :
  • Mintalah setiap kelompok untuk membuat drama singkat tentang hobinya.
  • Drama harus menunjukkan apa yang terlibat dalam hobi dan mengapa itu menyenangkan.
  • Setelah setiap kelompok tampil, adakan diskusi kelas tentang hobinya.

ICOT ( Independent Construction of the Text )
  • Siswa mendiskusikan hasil tulisannya di dalam kelompoknya.
  • Perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas.

Penutup ( 20 menit )
  • Perwakilan siswa menyampaikan apa yang sudah dipelajari hari ini serta kesulitan yang dihadapi, dan bagian mana yang paling disukai?
  • Siswa mengisi lembar refleksi.

Link: Evaluasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Hijab Segi Empat Simple

  Hijab merupakan penutup kepala yang digunakan oleh kaum wanita muslim sebagai syarat menutup aurat. Ada banyak jenis hijab mulai dari hijab segi empat, pashmina, jersey, kaos dan masih banyak lagi. Saat ini ada banyak tutorial atau cara model hijab agar terlihat cantik dan anggun.  Berikut tutorial hijab segi empat yang simple: Pasang hijab dengan sisi panjang sebelah kemudian kaitkan dengan menggunakan peniti. Rapikan hijab tersebut Kemudian sisi yang lebih panjang lilitkan ke belakang Peniti bagian atas hijab agar terlihat tetap rapi  Step selanjutnya rapikan hijab  Hijab telah selesai Nah, itulah tadi tutorial hijab segi empat simple sangat mudah bukan?

Bahkan Jika Aku Sendiri Aku Tidak Butuh Simpati

Di keheningan malam, disaat semuanya telah terlelap. Aku dengan segenggam ponsel pintarku masih terjaga. Duduk termenung di pojok ruangan memikirkan ada apa dengan diriku? Disaat semua tanda tanya terlintas dikepalaku dan semua kalimat terbentang di otakku mengapa tak ada satu pun terjawabkan? Ku coba bertanya ke semua orang, namun semuanya tampak tak peduli. Aku pun mulai berfikir "apakah ada yang salah dengan diriku?" Ku cerna kata demi kata, bait demi bait, kalimat demi kalimat, akhirnya aku pun menemukan jawabannya. Sungguh diriku haus dengan simpati. Mencoba agar semua tuk peduli, namun ternyata saya salah. Tanpa sadar setetes air jatuh di pipiku. Ku coba tuk menghapus, namun air tersebut tampaknya semakin deras. Kemudian ku coba tuk halangi dengan sebenteng doa di sepertiga malam. Akhirnya, semuanya pun redah. Aku pun berfikir bahwa tidak semua hal yang diinginkan akan sesuai dengan ekspektasi, dan kini ku sadari bahwa jika aku sendiri aku tidak butuh simpati dari orang...

Ada Cerita Apa di Balik PMM 3?

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), adalah salah satu program unggulan Ditjen Diktiristek, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggunakan hak belajarnya di luar program studi dan di luar perguruan tinggi (PT) asal. Melalui PMM, mahasiswa yang lolos seleksi mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar kampus, mengeksplor dan mempelajari keberagaman budaya nusantara dan berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Tahun 2023, saya berhasil lolos program Pertukaran Mahasiswa Merdeka batch 3 di kampus IKIP BUDI UTOMO Malang yang saat ini nama kampusnya telah berubah menjadi Universitas Insan Budi Utomo. Sungguh sebuah rasa syukur bisa lolos di program tersebut. Kurang lebih 170 mahasiswa Universitas Sulawesi Barat yang lolos dalam program PMM batch 3 ini dan sebanyak 17 mahasiswa yang lolos di kampus UIBU Malang.  Kesan pertama saya berada di Kota Malang, saya kira kota Malang adalah kota yang ding...