Modul ajar adalah materi pembelajaran pada kurikulum merdeka yang dirancang untuk membantu proses belajar mengajar siswa. Modul ajar berfungsi sebagai panduan bagi pendidik atau guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Berikut salah satu contoh modul ajar: Modul Ajar Bahasa Inggris Satuan Pendidikan: Sekolah Menengah Pertama Fase/kelas: Fase D Kelas 7 Tahun Pelajarn:2023-2024 Alokasi Waktu: 2JP (2×40 Menit) Peserta didik: Siswa Reguler Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran Capaian Pembelajaran ( CP ) Pada akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosakata spesifik dan struktur kalimat sederhana yang berkaitan dengan deskripsi orang. Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks deskripsi orang dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat. Tujuan Pe...
Modul Ajar Bahasa Inggris
Satuan Pendidikan: Sekolah Menengah Pertama
Fase/kelas: Fase D Kelas 7
Tahun Pelajarn:2023-2024
Alokasi Waktu: 2JP (2×40 Menit)
Peserta didik: Siswa Reguler
Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran
Capaian Pembelajaran ( CP )
Pada akhir Fase D, peserta didik mengomunikasikan ide dan pengalaman mereka melalui paragraf sederhana dan terstruktur, menunjukkan perkembangan dalam penggunaan kosakata spesifik dan struktur kalimat sederhana yang berkaitan dengan deskripsi orang. Menggunakan contoh, mereka membuat perencanaan, menulis, dan menyajikan teks deskripsi orang dengan menggunakan kalimat sederhana dan majemuk untuk menyusun argumen dan menjelaskan atau mempertahankan suatu pendapat.
Tujuan Pembelajaran ( TP )
- Peserta didik dapat mengidentifikasi berbagai jenis hobi.
- Peserta didik dapat mendata kosa kata yang sesuai untuk menuliskan tentang hobinya.
- Peserta didik dapat menjawab atau menyusun sebuah teks deskriptif sederhana untuk menggambarkan seseorang dalam melakukan hobinya.
- Peserta didik dapat menuliskan dan mempresentasikan hobi temannya di dalam elompok kecil.
- Peserta didik dapat mempresentasikan hobi temannya di depan kelas.
Kriteria Keterampilan Tujuan Pembelajaran ( KKTP )
Kompetensi yang dinilai
Kompetensi sikap: Menunujukkan sikap bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menghargai, bergotong royong.
Kompetensi pengetahuan: memahami penggunaan kosa kata mengenai hobby dan deskripsi tentang kegiatannya.
Kompetensi keterampilan: kemampuan kerja dalam kelompok serta kemampuan menyampaikan gagasan dengan lugas dan percaya diri.
Bagaimana menilai keterampilan TP
Kompetensi sikap: Menunujukkan sikap bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, menghargai, bergotong royong.
Kompetensi pengetahuan: memahami penggunaan kosa kata mengenai hobby dan deskripsi tentang kegiatannya.
Kompetensi keterampilan: kemampuan kerja dalam kelompok serta kemampuan menyampaikan gagasan dengan lugas dan percaya diri.
Bagaimana menilai keterampilan TP
- Penilaian sikap dilakukan dengan Teknik observasi/mengamati sikap peserta didik dalam kegiatan pembelajaran
- Penilaian pengetahuan melalui produk tertulis.
- Penilaian keterampilan melalui inerja di dalam kegiatan kelompok
- Penilaian mencakup asesmen individu dan asesmen kelompok.
Profil Pelajar Pancasila
- Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
- Mandiri
- Kreatif
- Bernalar kritis
Model Pembelajaran
Genre Based-Approach
Metode Pembelajaran
Roleplay
Asesmen
Cara Penilaian
Rubrik Assesmen Individu (terlampir)
Jenis Assesmen
Materi Ajar, Alat dan Bahan
Materi Ajar
Vocabulary mengenai Hobby
Alat dan Bahan
Pemahaman Bermakna
Siswa dapat mengenal berbagai macam hobby dan mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat
Genre Based-Approach
Metode Pembelajaran
Roleplay
Asesmen
Cara Penilaian
Rubrik Assesmen Individu (terlampir)
Jenis Assesmen
- Diagnostik Kognitif : dilakukan sebelum membahas materi pembelajaran
- Formatif : dalam bentuk tertulis (deskriptif teks)
Materi Ajar, Alat dan Bahan
Materi Ajar
Vocabulary mengenai Hobby
Alat dan Bahan
- LCD
- Laptop
- Jaringan Internet
- LKPD
- Post card
Pemahaman Bermakna
Siswa dapat mengenal berbagai macam hobby dan mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat
Pertanyaan Pemantik
- What do you do in your spare time?
- What do you do for healing from everyday activities?
- What do you call an activity that you like to do it in your free time?
- Do you do it often? How often?
- What do you need to do it?
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan ( 20 menit )
- Guru memberikan instruksi kepada ketua kelas untuk menyiapkan kelas.
- Guru membuka kelas dengan mengecek kehadiran dan mengecek kesiapan peserta didik dengan melakukan ice breaking.
- Guru memberikan motivasi kepada peserta didik agar tetap bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
- Guru mempersiapkan peralatan yang akan digunakan selama proses pembelajaran berlangsung.
- Guru memberikan post card kepada siswa untuk diisi di sebelum membagi kelompoknya.
- Guru membagi peserta didik ke dalam 7 kelompok.
Kegiatan Inti ( 40 menit )
JCOT ( Joint Construction of Text )
Persiapan :
- Pilih beberapa hobi yang berbeda.
- Bagi siswa menjadi beberapa kelompok.
- Berikan setiap kelompok hobi yang berbeda untuk diteliti.
Cara Bermain :
- Mintalah setiap kelompok untuk membuat drama singkat tentang hobinya.
- Drama harus menunjukkan apa yang terlibat dalam hobi dan mengapa itu menyenangkan.
- Setelah setiap kelompok tampil, adakan diskusi kelas tentang hobinya.
ICOT ( Independent Construction of the Text )
- Siswa mendiskusikan hasil tulisannya di dalam kelompoknya.
- Perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas.
Penutup ( 20 menit )
- Perwakilan siswa menyampaikan apa yang sudah dipelajari hari ini serta kesulitan yang dihadapi, dan bagian mana yang paling disukai?
- Siswa mengisi lembar refleksi.
Link: Evaluasi
Komentar
Posting Komentar